Tanggal – Tanggal Penting Bagi Pemburu Dividen

Oleh: Ramadani Candra
(PassiveIncomeSaham)

Investasi di pasar modal selain mendapatkan keuntungan dari capital gain, investor juga akan mendapatkan keuntungan dari pembagian dividen. Dividen adalah laba/ keuntungan perusahaan yang dibagikan kepada pemegang saham sesuai dengan jumlah kepemilikan saham perusahaan tersebut. Tidak semua perusahaan membagikan dividen kepada investornya, namun bukan berarti perusahaan tersebut tidak bagus sebagai pilihan investasi. Bagi sebagian investor, dividen menjadi salah satu andalan untuk mendapatkan kuntungan dari investasi di pasar modal. Tentunya hal ini juga akan mempengaruhi naik turunnya harga suatu saham perusahaan. Biasanya akan terjadi kenaikan harga saham sebelum dan saat cum date, dan cenderung akan turun harga saat ex date atau setelah payment date karena investor yang hanya mengincar dividen perusahaan tersebut cenderung akan melepaskan sahamnya setelah dividen didapatkan. Apabila investor menginginkan mendapatkan dividen maka investor harus memperhatikan tanggal – tanggal penting berikut ini

1. Declaration Date
Seperti namanya, tanggal ini adalah tanggal dimana perusahaan mengumumkan tanggal – tanggal penting seperti apakah perusahaan akan membagi dividen atau tidak, jumlah dividen yang dibagikan, cum date, ex date,recording date, dan payment date. Biasanya declaration date dijadwalkan beberapa hari sbelum cum date.

2. Cum Date (Cum-dividend Date/ Cumulative Date
Tanggal yang paling penting harus diketahui investor apabila ingin mendapatkan dividen adalah cum date karena tanggal ini adalah tanggal/ hari terakhir pembelian saham suatu perusahaan untuk bisa mendapatkan dividen. Misalnya cum date PT. XYZ jatuh tanggal 29 Juni 2020, investor yang membeli saham perusahaan tersebut di tgl 29 Juni 2020 masih berhak medapatkan dividen yang dibagikan.

3. Ex Date (Ex-dividend Date/ Expired Date)
Sesuai namanya expired date, tanggal ini dalah tanggal kadaluarsa hari pertama untuk mendapatkan dividen. Pembelian saham pada saat ex date, investor tidak berhak mendapatkan dividen. Biasanya ex date dijadwalkan sehari setelah cum date (hari kerja). Contoh ex date PT. XYZ jatuh pada tanggal 30 Juni 2020, maka investor yang membeli saham perusahaan tersebut tidak berhak mendapatkan dividen.

4. Recording Date
Perusahaan akan melihat dan mencatat siapa sajakah yang akan mendapatkan dividen, hal ini dilakukan pada saat recording date yang dijadwalkan dari KSEI pada T+3 cum date atau T+2 ex date.

5. Payment Date
Tanggal ini adalah yang ditunggu – tunggu oleh investor tentunya, yaitu tanggal pembayaran dividen. Dividen yang dibagikan oleh perusahaan akan di transfer langsung ke rekening efek setiap investor sesuai dengan jumlah kepemilikan sahamnya. Biasanya payment date dijadwalkan + 3 minggu setelah cum date.

Untuk pilihan Rekomendasi Saham yang lebih baik lengkap, dan Fasilitas lebih lengkap tentang Saham Yuk Gabung Grup VIP Kami dan dapat ditanyakan Fasilitasnya disini.

FORM MEMBER PASSIVE INCOME SAHAM

    Harap diisi sesuai dengan informasi yang sebenarnya. Data anda kami simpan dan amankan.

 

Verification