Blog

Juli 14, 2019

Kenali Beberapa Kesalahan yang Dilakukan Oleh Investor Pemula

Oleh : Lolita Aprilliani

Halo sobat cerdas 🙂
Pada artikel sebelumnya sudah dibahas mengenai Pembelajaran Dasar Mengenal Suatu Perusahaan.

Nah sebagai seseorang yang baru akan memasuki dunia saham, maka pencarian informasi terkait saham akan sangat penting. Bahkan hal pertama yang akan dilakukan oleh anda pasti mencari informasi, kemudian dicoba dan diaplikasikan. Sebagai orang yang cerdas, maka anda perlu mengetahui apa saja kesalahan-kesalahan yang paling tidak dilakukan oleh seorang investor pemula.

1. Tergiur dan membeli saham ketika harganya turun, tanpa pikir panjang. Penurunan harga saham ini biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor fundamental seperti turunnya laba bersih. Penurunan harga saham ini biasanya akan membaik, namun jika anda sedang tidak beruntung terkadang harga saham tersebut akan terus turun. Ingin memperoleh keuntungan, malah dapat kerugian. Sangat disayangkan ya.

2. Takut membeli saham saat harga turun, padahal pasar saham tersebut sedang menawarkan saham yang bagus dengan harga yang murah. Kondisi ekonomi suatu perusahaan pasti akan mencapai pasang surut yang bergerak secara siklus. Ketika harga saham suatu perusahaan sudah naik sesuai dengan harga normal, barulah seorang investor merasa menyesal dengan kesempatan baik yang tidak diambil.

3. Mudah putus asa. Terkadang investor akan mudah panik jika melihat pergerakan harga saham yang jatuh, bahkan saat investasi yang dilakukan menujukan kerugian yang signifikan. Investor akan langsung putus asa bahkan frustrasi, akhirnya ketika saham mengalami sedikit pergerakan ke atas, investor langsung menjual saham. Sangat
disayangkan ya, padahal jika seorang investor bersabar maka perlahan pasti akan naik dan menghasilkan keuntungan.

4. Hanya berdiam pada satu saham, kemudian menutup kenyataan terhadap hal buruk. Investor yang berdiam pada satu saham cenderung hanya ingin mendengar berita-berita yang baik saja. Pada akhirnya ketika saham mengalami keterpurukan, investor menjadi tidak mengetahui perkembangan lebih lanjut mengenai suatu perusahaan. Padahal suatu
informasi sangat pentingkan !

5. Gampang terpengaruh oleh berita-berita yang kurang valid contohnya pom-pom yang berisi rumor-rumor yang menarik para investor untuk membeli atau menjual saham yang dimiliki. Jika investor memiliki ciri yaitu mudah tergiur dan tidak mendahulukan analisis fundamental dan teknikal dengan baik, maka semoga saja tidak menyesal. Jadi kemampuan analisis yang baik dari para investor pemula sangat dibutuhkan ya, sebelum terjerumus pada hal-hal yang mengecewakan.

Dari apa yang anda sudah ketahui, anda jadi bisa meminimalisir nih kesalahan yang
sudah terjadi pada beberapa investor pemula. Alhasil, anda bisa belajar dari kesalahan dan
bisa menyusun rencana ke depan.

Membaca menjadi sangat menyenangkan bukan ?
Hanya dengan membaca, anda bisa satu langkah lebih maju menuju hidup yang lebih
terorganisir dengan baik. Pasti tidak akan menimbulkan kerugian pada waktu mendatang.

Terima kasih sudah membaca
Salam PassiveIncomeSaham.

Ilmu dan Inspirasi , , , , , , , , , , , , , , , , ,
About Harjuna

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *