Pembelajaran Dasar Mengenali Saham Suatu Perusahaan

Oleh : Lolita Aprilliani

Mengapa jika orang ingin terjun dalam dunia saham, maka seseorang harus paham mengenai perusahaan yang akan digunakan untuk berinvestasi ?

Sebagai seorang pemula tentu saja ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Salah satu persiapan yang harus dilakukan yaitu dengan benar-benar mempelajari suatu perusahaan yang telah di targetkan. Saham bukanlah hanya lebaran kertas yang tidak bermanfaat melainkan sebuah aset yang dapat memberi keuntungan baik secara finansial kepada pemilik saham yang cermat dalam menganalisis informasi saham suatu perusahaan.

Sebagai seorang pemula kemampuan menganalisis dan mengumpulkan informasi saham dengan baik sangat diperlukan. Jika seseorang memiliki kemampuan analisis yang baik, maka seseorang mampu keluar dari kekeliruan analisa saham di kemudian hari. Kekeliruan bisa berasal dari perbedaan data baik dari laporan keuangan perusahaan itu sendiri ataupun dari laporan laba rugi yang berasal dari software tranding.

Bagi seorang pemula pasti akan kesusahan dalam mencari informasi terkait dengan laporan keuangan dan laba rugi perusahaan. Banyak yang mencari di sumber-sumber seperti web perusahaan. Lebih repotnya jika seseorang belum terlalu menguasai analisis teknikal dan fundamental dengan baik. Alangkah lebih baiknya jika anda langsung membuka laporan keuangan yang tersedia di Bursa Efek Indonesia atau sering disebut dengan BEI. Biasanya seluruh perusahaan yang terdaftar di BEI memiliki kewajiban untuk mempublikasikan semua informasi keuangan perusahaan, profil perusahaan secara umum, dan kegiatan operasional suatu perusahaan.

Jika anda masih kebingungan untuk mencari sumber web BEI, maka anda bisa membuka www.idx.co.id . Biasanya di dalam web tersebut ada berbagai informasi yang memang anda sedang butuhkan yaitu seperti laporan keuangan, laporan tahunan, materi public excpose, laporan hasil public excpose, dan prosektus dalam laman pengumuman emiten. Dalam laman pengumuman emiten anda juga bisa mencari sebanyak-banyaknya informasi. Informasi yang
tersajikan juga bukan hanya informasi yang baik-baik saja, namun informasi seperti tindak korupsi atau kejanggalan-kejanggalan yang ada pada suatu perusahaan. Jangan pernah takut atau minder mengenai kemampuan analisis yang anda miliki. Anda hanya perlu membaca seluruh informasi yang disajikan dengan baik dan teliti. Jika sudah

Dirasa bahwa seluruh informasi dari suatu perusahaan yang anda incar dalam keadaan dan prospek yang baik, maka anda bisa meneruskan tujuan awal anda untuk membeli saham pada perusahaan yang anda inginkan. Jika memang anda mendapati hasil yang kurang memuaskan, maka anda sebagai pelaku saham yang bijak pasti bisa menentukan sikap ke depan.

Sebagai seorang pemula yang hendak memulai investasi ada baiknya untuk mulai melangkah dengan sebuah rencana yang matang dan terstruktur. Ketelitian dalam bersaham juga sangat diperlukan untuk perolehan hasil ke depan yang lebih baik. Gunakan media secara bijak dalam pengolahan informasi, karena informasi yang tersedia memang sudah ditujukan untuk anda sejak semula.

Terimakasih sudah membaca
Salam PassiveIncomeSaham.