Blog

April 6, 2019

Menjadi Kaya Dalam 5 langkah

Oleh : Ramadani Candra (PassiveIncomeSaham)

Halooooo pembaca sekalian, wah pastinya kalian yang hadir di web ini dan membaca artikel ini tentu bermimpi dan berkeinginan untuk menjadi kaya bukan? Kalau tidak ingin menjadi kaya ya cukup sampai disini saja membacanya.

Wah ternyata memang ingin menjadi kaya ya? Terbukti kalian sudah membaca sampai kalimat ini. Oke langsung saja. Cekidot.

Mengapa judul artikel ini 5 langkah bukan 5 tips atau trik? Karena jika kalian benar – benar ingin menjadi kaya maka harus mengikuti langkah – langkah berikut yang akan disampaikan, karena kalau hanya tips atau trik kebanyakan orang akan mengabaikannya. Jadi apa
saja langkahnya?

Langkah pertama yaitu punya pendapatan tetap.
Yak untuk menjadi kaya, hal yang harus dilakukan pertama adalah punya pendapatan tetap. Kenapa? Ya kalau kalian tidak punya pendapatan tetap bagaimana kalian akan mengatur pendapatan kalian dan untuk bertahan hidup tentunya. Tidak mungkin dong setiap hari harus bergantung ke orang lain? Yang dimaksud pendapatan tetap disini adalah kalian harus punya pemasukan keuangan atau penghasilan yang tetap jumlahnya setiap periode tertentu semisal seminggu sekali atau sebulan sekali yang jumlahnya tetap atau bisa meningkat, jangan sampai turun ya kalo bisa. Tidak harus menadi pegawai kantor, apapun pekerjaan kalian yg penting pendapatan tetap.

Langkah kedua yaitu catat pemasukan dan pengeluaran.
Kenapa sih harus dicatat, jawabannya simple agar kalian tahu berapa sih uang yang kalian dapatkan semisal seminggu, dan berapa uang yang kalian habiskan dalam kurun waktu tersebut. Disitu bisa diketahui apakah pemasukan kalian sebanding dengan pengeluaran atau tidak. Dengan begitu kalian tahu kemana larinya uang uang hasil jerih payah kalian. Jika kalian gagal mencacat keuangan kalian maka langkah menjadi kaya kalian gagal sampai disini.

Langkah ketiga yaitu Investasi.
Setelah mencacat keuangan pastikan menyisihkan pendapatan untuk investasi. Tujuannya untuk apa? Untuk membangun passive income kalian. Jadi suatu hari jika kalian pensiun hasil dari passive income ini bisa kalian gunakan untk menghidupi kalian. Lalu darimana memulai
invesasinya? Mulailah dari belajar untuk berinvestasi bisa dibaca dulu artikel ini Dua Investasi Terbaik untuk Masa Depan Anda.

Langkah keempat buat money management ala kamu.
Kenapa harus ada money management? agar kamu bisa mengelompokkan uangmu untuk kebutuhanmu. Dengan melakukan money management dan disiplin terhadap itu, keuanganmu akan lebih tertata rapi. Besarnya tergantung kebutuhanmu. Misal pendapatanmu kamu bagi menjadi 20% untuk hidup (makan,minum, internet, cicilan *kalo ada dsb) 30% investasi 20% ilmu. Pos – pos apa yang harus dibagi dan besarannya tergantung dari kebutuhanmu sendiri, itulah mengapa disebut money management ala kamu.

Langkah kelima buat passive incomemu lebih besar dari pengeluaran.
Jika kamu sudah mencapai titik dimana passive income mu lebih besar dari pengeluaranmu maka, selamat kamu sudah bisa dinyatakan kaya. Dari mencatan pengeluaran, kamu akan tahu berapa banyak pengeluaranmu. Kemudian kamu harus terus mengembangkan passive incomemu dengan menambah investasimu tentu dengan money management ala kamu sendiri. Oke itu dia langkah agar kamu kaya.

Selamat berproses!

Eits ada yang perlu diingat.

Jangan sekali kali menggunakan uang hasil hutang sebagai dana invetasi karna itu hanya akan membuat mu bertambah miskin.
Kalau passive income dan pemasukanmu naik, jangan sampai pengeluaranmu juga ikut naik. Jadi walapun penghasilan naik, pengeluaran tidak boleh naik ya….

Yuk berinvestasi!

Cek Youtube Kami Disini

Ilmu dan Inspirasi , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
About Harjuna