Blog

Februari 10, 2019

Yuk Nabung Saham Biar Tidak Bekerja Seumur Hidup

Oleh : Ramadani Candra (PassiveIncomeSaham)

Banyak orang berlomba – lomba bekerja keras mencari pekerjaan yang menjamin hari tuanya, bekerja keras agar kelak punya uang pensiun. Namun beberapa diantaranya tetap tidak terpenuhi kehidupan pensiunnya. Banyak artis yang ketika mereka naik daun hidup bergelimang harta, tapi ketika job sepi tiba – tiba menghilang ternyata hidupya kembali susah, banyak juga artis senior yang kehidupan masa tuanya tidak terjamin padahal masa mudanya dikenal dimana – mana. Tidak jarang juga diberitakan atlet nasional yang kehidupan pensiunnya hidup susah padahal hadiah kejuaraannya bermilyar – milyar.

Kenapa bisa seperti itu? Karena mereka tidak mempersiapkan pensiun mereka dengan baik. Tidak merancang apa yang harus dilakukan ketika pensiun, dari mana sumber penghidupan mereka ketika sudah tidak dimasa produktif. Bahkan ada juga yang tidak berfikir pensiun dan berniat bekerja sampai ia mati. Wah jangan sampai seperti itu kawan – kawan. Setidaknya mulai dari sekarang kita harus memikirkan bagaimana kita akan pensiun kelak, dari mana biaya hidup kita, apa yang kita kerjakan, dsb. Tentu gamau dongs bekerja seumur hidup.

Mengutip apa yang dikatakan kakek Warren Buffett “ If you don’t find a way to make money while you sleep you’ll work until you die”

Lalu bagaimana caranya?

  1. Mempersiapkan masa tua sedini mungkin.
    Coba persiapkan masa depan, masa tua kalian sedini mungkin. Walaupun masih
    sekolah, kuliah, gamasalah, karena waktu yang tepat untuk memulai perubahan adalah SEKARANG!. Hitung kira – kira berapa kebutuhan hidup rata – rata kalian, hitung uang yang kalian dapatkan, lalu kalian bisa perkirakan kalian akan pensiun di umur berapa. Maka didapat berapa jumlah pundi – pundi rupiah yang harus kalian kumpulkan agar dapat menikmati masa pensiun kalian.
  2. Mengatur keuangan.
    Kesalahan yang sering dilakukan adalah tidak mengatur keuangan. Mentang- mentang tiap bulan punya gaji besar lalu cicil ini itu. Beli ini itu. Ntar dimasa tua cuma bisa melongo. Maka dari itu biasakan setiap menerima uang entah gaji atau uang saku bulanan (kalo kalian mahasiswa/ anak sekolahan) membaginya menjadi beberapa persen. Sekian persen untuk hidup, sekian persen ditabung, sekian persen liburan, dan sebagainya. Dengan bergitu uang kalian akan jelas kemana larinya.
  3. Investasi.
    Hal terakhir adalah yang terpenting dan sering sekali disepelekan. Yak dia adalahinvestasi. Banyak orang terlalu nyaman jadi karyawan dan mengabaikan investasi.Ketika mereka pensiun hanya hidup susah mengharap pensiunan. Itu yang salah. Mulailah berinvestasi sekarang juga baik kamu sudah berpenghasilan ataupun anak sekolah. Selalu sisihkan sekian persen untuk investasi. Lalu dimana saya harus berinventasi? Investasi saham tentunya? Kenapa? Karena investasi saham sangat banyak keuntungannya. Kalo kamu belum tau berarti kamu belum baca artikel ini Nabung Saham Sedikit Untungnya Selangit atau artikel yang ini Modal Ratusan Ribu Bisa Menjadi Pemilik Perusahaan. Itulah mengapa investasi terutama investasi saham adalah yang penting dalam mempersiapkan pensiun kalian.

Jadi gimana? Mau kerja sampai mati apa persiapkan pensiun dari sekarang?

Eiits jangan mau kerja sampai mati, setidaknya kamu harus nikmati hasil kerjamu.

Ilmu dan Inspirasi , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
About Harjuna

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *