Blog

Februari 9, 2019

Menghadapi Saham Yang Naik Turun Pada Suatu Perusahaan

Oleh : Lolita Aprilliani (PassiveIncomeSaham)

Hay sobat cerdas.

Ditahun yang baru ini pasti ada beberapa orang yang sudah bergabung, baik itu menanam saham atau menabung saham. Bagi beberapa orang yang sudah terjun dalam dunia saham, terkadang tidak mengetahui apa langkah kedepan yang harus dilakukan ketika menghadapi dilema kenaikan dan penurunan saham.

Untuk mampu menghadapi pasang surut saham, maka seorang Investor dan Trader perlu tahu bagaimana menyikapi dan menilai apakah perusahan bagus atau tidak. Untuk itu diperlukan analisis fundamental dimana seseorang perlu mengetahui bahwa suatu perusahaan apakah memiliki profit yang baik atau tidak, sales (penjualannya baik), dan apakah growth (pertumbuhan profit dan penjualannya berkembang dengan sempurna). Ketika anda berani menabung saham maka anda harus menjadi seorang yang cerdas dalam menganalisa, terlebih lagi ketika sudah menyangkut cashflow (laporan keuangan dari suatu perusahaan). Jika anda ingin menjadi pemilik saham yang baik maka, lebih cermatlah dalam analisa keuangan dan perbanyak informasi mengenai saham. Untuk lebih jelasnya anda bisa mempelajari beberapa artikel yang telah dimuat sebelumnya. Banyak informasi yang kurang lebih bermanfaat bagi para pembaca, mengenai saham.

Perlu kesabaran dan ketekunan untuk menganalisa pergerakan suatu perusahaan. Bagi para investor yang stay dalam mengamati pergerakan saham maka pasti akan selalu mengalami dilema apakah saham yang saat ini dimilliki akan dijual ketika berada pada kondisi downtrend (turun) atau tidak, atau bahkan akan membeli saham pada pergerakan yang sedang uptrend (naik).

Jadilah pemegang saham yang mampu mengatur waktu, karna waktu tidak dapat kembali. Ketika anda yakin menjual saham yang sedang berada pada kondisi over value maka lakukan penjualan saham, namun ketika sedang berada pada keadaan under value maka belilah saham tersebut.

Ranah teknikal dalam pergerakan naik,turun, dan konsolidasi (kestabilan harga suatu saham) akan terjadi setelah analisa fundamental yang dilakukan diawal sebelum terjadinya price movement.

Sedikit penjelasan dari penulis mengenai bagaimana saham yang mampu naik, turun, dan stabil. Ketika anda sudah satu langkah lebih  awal memahami bagaimana pergerakan saham, maka anda tidak perlu risau atau takut ketika saham yang anda miliki sekarang sedang jatuh. Cobalah untuk berhenti sejenak dan tetap optimis. Berhenti bukan berarti anda berdiam atau sama sekali tidak akan bersaham kembali, namun berhenti berarti anda harus bijak dalam menunggu saat dimana pergerakan saham akan semakin naik dan mencari banyak informasi mengenai saham. Kemudian setelah saham sudah berada pada kondisi over value maka anda bisa mengambil keputusan yang bijak bagi saham yang anda miliki sekarang.

Jadilah sosok yang mampu menghargai waktu, bijak dalam mengambil keputusan, positif thinking, dan jadilah orang yang tidak tergesa-gesa dalam melakukan transaksi. Maka anda akan semakin mampu memanagemen saham yang anda miliki. Jadilah sukses dengan cara yang sederhana.

Terimakasih sudah membaca, salam PassiveIncomeSaham.

Ilmu dan Inspirasi , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
About Harjuna

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *