Blog

Februari 3, 2019

Menabung dan Mengenal Saham Agar Lebih Bijak

Oleh : Lolita Aprilliani (PassiveIncomeSaham)

Hay sobat cerdas.
Diartikel sebelumnya sudah dikulik sedikit mengenai apa itu saham.
Sekarang yuk belajar mengenal saham sejak muda.

Udah berani menabung saham belum ni ?

Jawabannya ada dihati dan keberanian anda. Walaupun anda bukan seseorang yang benar-benar paham tentang saham, tapi anda bisa lho jadi seorang milliarder muda. Dengan tekat dan ketekunan, anda bisa menabung saham dan beroleh keuntungan. Ada 2 tip menabung saham yaitu menabung saham jangka panjang dan menabung saham jangka pendek.

Menabung saham jangka panjang itu seperti apa sih ? Nah, menabung saham jangka panjang, artinya anda berani menabung saham dari  usia muda dengan harapan akan beroleh keuntungan yang besar dikemudian hari. Kami memberikan beberapa tips mengenai pemilihan investasi jangka panjang.

1. Ketika anda menabung saham jangka panjang anda perlu benar-benar memahami bisnis apa yang akan anda pilih, agar anada mampu memperoleh keuntungan.

2. Ketika anda akan menabung, maka pastikan bahwa perusahaan yang anda pilih memiliki grafik yang stabil keatas dan memiliki keuntungan laba bersih yang konsisten dalam 5 tahun kebelakang.

3. Jangan memilih perusahaan yang hanya murah secara valuasi, namun tidak konsisten
dalam menghasilkan keuntungan.

4. Perhatikan kemungkinan resiko yang terjadi dan cermati management perusahaan yang anda pilih, karena kelangsungan menejement yang baik mampu memperkecil resiko yang terjadi, kemudian perolehan keuntungan anda akan semakin besar.

Sedangkan menabung saham jangka pendek berarti anda hanya akan berinvestasi dalam kurun waktu 1 hingga 12 bulan saja, tentunya dalam investasi jangka pendek anda akan lebih mudah mencairkan uang yang anda miliki. Berikut kami memberi tips berinvestasi jangka
pendek.

1. Anda perlu mengamati profit yang baik dari suatu perusahaan.

2. Anda perlu pengamati konsolidasi atau pergerakan naik turunnya saham pada suatu perusahaan.

3. Ketika anda akan membeli saham maka pastikan anda membeli saham ketika grafik pada saham suatu perusahaan sedang dalam keadaan support atau sedang mencapai titik terendah. Karena ketika saham dibeli dalam keadaan support maka untuk kedepannya saham akan terus beranjak naik keatas. Namun ketika anda membeli saham pada keadaan resisten atau titik tertinggi dalam kondisi saham dengan harga sudah tinggi, maka semakin lama pergerakan saham akan semakin turun dan ada kemungkinan saham tersebut akan minus.

4. Bijaklah dalam membeli saham yang pergerekannya grafiknya stabil, maka anda akan memperoleh lebih banyak keuntungan.

Pilihan mampu menentukan masa depan anda. Berani mencoba hal yang belum pernah dilakukan, akan membuat anda semakin dewasa. Dalam buku Raymound Budiman tertera bahwa ada banyak pertanyaan mengenai pembelian saham. Mulai dari sebelum membeli saham, setelah membeli saham, saat dimana terjadi transaksi penjualan saham, dan mengenai pengelolaan uang (Cash Management).

Jawabannya simpel !
Tanyakan pada diri anda apakah dalam hati anda terdapat jawaban “Ya… aku mau mencoba, entah seberapa banyak perolehanku tapi kedepannya aku akan menuai kesuksesan” atau “saya tidak tau”. Jika belum, maka anda perlu merenungkan kembali pertanyaan tersebut. Ketika anda telah memperoleh jawaban itu percayalah, anda akan menjadi milliarder muda. Tapi balik lagi jangan lupa belajar dulu yaa. Segala sesuatu yang belum yakin dan ga tau ilmunya ujung-ujungnya bakal gak enak. Mau itu di Saham, Bisnis atau kerja Kantoran sekalipun

Positive thinking, bermain cerdas, dan selalu bersyukur, akan membawamu pada
keberuntungan yang sebenarnya.

Terimakasih sudah membaca, salam PassiveIncomeSaham.

Ilmu dan Inspirasi , , , , , , , , , , , , , ,
About Harjuna

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *